Tuesday 5 December 2017

Review 4 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Aksara Jawa


Review 4 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Aksara Jawa



Selamat Pagi semuanya , lama tidak jumpa ya . Nahh kali ini admin akan membagikan review berdasarkan pengalaman admin sendiri nih tentang 4 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Aksara Jawa. Seperti yang kita ketahui nih , aksara jawa merupakan huruf jawa yang banyak di gunakan hingga saat ini . Aksara jawa harus kita lestarikan karena aksara jawa merupakan kekayaan bangsa Indonesia nih . Nah kemajuan teknologi saat ini mendorong terbentuknya penyesuaian bagaimana memasukan unsur kebudayaan dengan teknologi yang ada saat ini . Anak anak bangsa yang mulai kreatif dan inovatif dalam berkarya akhirnya menciptakan aplikasi aplikasi bertema kan aksara jawa agar bahasa ini lestari kembali dan mampu di terima pada saat ini . Nah apa sajakah aplikasi tersebut langsung saja yuk lihat 4 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Aksara Jawa :


1. Nulis Aksara Jawa 




Pengembang     : Uzan Media
Ukuran              : 1,9 MB
Diperbaharui     : 25 Oktober 2017

Nulis aksara jawa merupakan aplikasi yang menawarkan fitur untuk mengkonversi tulisan latin menjadi aksara jawa , dan konversi aksara jawa menjadi tulisan latin. Aplikasi ini membantu memudahkan kita untuk belajar menulis aksara jawa sekaligus melestarikan budaya Indonesia khususnya budaya Jawa.

Fitur - fitur dalam aplikasi ini :

- Konversi dari tulisan latin menjadi tulisan aksara Jawa.
- Konversi dari tulisan aksara Jawa menjadi tulisan latin , bebas mengetik aksara Jawa.
- Hasil konversi berupa aksara Jawa dapat di simpan sebagai gambar.

Review :

Menurut admin aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat bagus dan responsive , penggunaan aplikasi yang mudah juga merupakan nilai plus tersendiri dalam aplikasi ini . Selain itu aplikasi ini telah di lengkapi dengan aksara murda , aksara swara , angka , dan sandangan . Sehingga menurut admin aplikasi ini merupakan aplikasi yang tepat apabila anda ingin belajar , maupun ingin mengetahui konversi aksara jawa dari sebuah kata kata. 

Link Aplikasi pada Google Play : Link Nulis Aksara Jawa 

2. Aksara Jawa



Pengembang   : Hirson
Ukuran            : 2,1 MB
Diperbarui      : 1 Mei 2017
Versi               : 1.1

Aksara Jawa merupakan aplikasi yang dapat mengkonversi Latin menjadi Aksara Jawa dan sebaliknya. Dirancang untuk dapat mengkonversi dalam satu kata maupun dalam suatu kalimat secara instan .

Aksara Jawa dalam aplikasi ini meliputi :
Aksara  Jawa dan pasangan 
Aksara Murda dan pasangan
Aksara Swara
Aksara Rekaan 
Aksara Wilangan 
Sandhangan

Aplikasi ini gratis dan sangat mudah digunakan .

Review :
Menurut saya aplikasi ini merupakan aplikasi yang tak kalah bagus nya . memiliki tampilan yang sederhana namun memiliki kinerja yang powerfull merupakan kunci dari aplikasi ini . Aplikasi ini terbilang baru sehingga pasti akan ada perbaikan perbaikan selanjutnya yang pastinya akan menambah kenyamanan anda dalam menggunakan aplikasi ini . 

Link : Aksara Jawa

3. Hanacaraka




Pengembang : Balai Tekkomdik Dinas Dikpora DIY
Ukuran          : 14 MB
Diperbarui     : 2 Februari 2015
Versi              : 2.0.2

Dalam upaya mendukung pelestarian aset budaya bangsa yakni Aksara Jawa , Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik ) Dinas Dikpora DIY telah mengembangkan aplikasi Hanacaraka Berbasis Mobile.

Aplikasi ini memiliki grafis yang sangat menarik , dengan konten yang cukup lengkap , diantaranya Sejarah aksara Jawa , Pentingnya Aksara Jawa , Filosofi Aksara Jawa , dan Belajar Aksara Jawa Asli dan Sandangannya , baik penulisan maupun pengucapannya . Dengan aplikasi ini , user akan di ajak untuk menyelami lebih dalam dan menyenangkan mengenai Pembelajaran Aksara Jawa.

Review :

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat unik menurut saya , karena apa pembelajaran nya sangat lengkap tentang seluk beluk aksara jawa . mulai dari sejarah , pentingnya filosofi , mengenal huruf aksara jawa tulisan dan pengucapan sangat lengkap sekali . Selain itu pembelajaran ini dikemas dengan menggunakan grafis yang sangat apik , dan di kemas dalam bentuk games games maupun mini games yang sangat cocok untuk pembelajaran ke pada anak anak zaman sekarang . 

Link : Hanacaraka


4. Sinau Aksara Jawa 



Pengembang   : Labs Mobile IS
Ukuran           :  2,6 MB
Diperbarui      : 25 Agustus 2013
Versi               : 1.0

Sinau (belajar) Aksara Jawa adalah aplikasi untuk mengenalkan aksara Jawa yang selama ini terlupakan. Beberapa fitur yang ada di dalam nya yaitu : Pengenalan aksara , menulis aksara , konversi (mengubah) aksara , kuis dan lihat nilai .

Review :
Aplikasi ini merupkan aplikasi yang cukup menarik juga . selain terdapat pembelajaran aksara jawa yang lengkap . Aplikasi ini juga di lengkapi kuis yang dapat memacu kita apakah masih mengingat apa yang di pelajari sebelumnya . Selain itu kita juga dapat mengetahui skor kita , sehingga kita dapat mengetahui perkembangan dari pembelajaran kita.



Dan masih banyak aplikasi lainnya yang dapat kita kunjungi dan dapat kita coba pada :

Share this

2 Responses to "Review 4 Aplikasi Terbaik Untuk Belajar Aksara Jawa"